Monday, March 20, 2023

Tips Membuat Pakan Ternak Kambing dan Sapi Murah dengan Metode Silase: Solusi Hemat untuk Pemilik Peternakan

Tips Membuat Pakan Ternak Kambing dan Sapi Murah


Tips Membuat Pakan Ternak Kambing dan Sapi Murah dengan Metode Silase: Solusi Hemat untuk Pemilik Peternakan

Cukup dengan menggunakan metode ini, Anda hanya perlu menggarit pakan ternak sekali dalam sebulan untuk memiliki simpanan yang cukup banyak.

Metode pembuatan pakan ternak fermentasi, seperti untuk kambing dan sapi, bisa dilakukan dengan menggunakan metode silase.

Metode silase ini sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu menggarit setiap hari, hanya sekali dalam sebulan saja.

Silase sendiri adalah pakan fermentasi yang terbuat dari bahan hijauan seperti rumput, jagung, atau jerami yang sangat bermanfaat untuk menyediakan pakan saat kekurangan pada musim kemarau atau di daerah yang kurang subur.

Meski begitu, pembuatan silase tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Dalam tutorial ini, kita akan mempelajari cara sederhana untuk membuat pakan ternak fermentasi menggunakan metode silase.

Tutorial ini diambil dari kanal YouTube Berkah Mendho Farm yang akan menjelaskan bagaimana cara membuat silase yang mudah dan praktis untuk pakan ternak.

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan hijauan seperti rumput. Pastikan rumput sudah kering dan tidak basah, sehingga kadar airnya turun dan silase tidak cepat busuk.

Selanjutnya, bahan hijauan harus diolah selama satu atau dua hari untuk menurunkan kadar airnya. Kemudian bahan hijauan tersebut digiling menggunakan mesin chopper atau mesin penghancur lainnya. Hasil gilingan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tong, dan diinjak-injak hingga padat.

Kunci dari pembuatan silase adalah kadar air dan kedapannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa silase tersebut cukup padat dan kedap. Setelah itu, silase tersebut harus ditutup rapat menggunakan plastik atau bahan lain yang kedap air.

Silase yang telah jadi dapat disimpan di tempat yang aman dan kering, dan dapat digunakan sebagai pakan ternak dalam jangka waktu yang cukup lama.

Metode silase terbilang lebih mudah dan praktis dibandingkan dengan metode tradisional. Namun, perlu diingat bahwa kualitas pakan jenis ini mungkin tidak sebaik pakan tradisional.

Ini hanya alternatif pakan bagi peternak yang memiliki keterbatasan alat. Metode ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk membuat silase sendiri di rumah.

Dalam membuat silase, pastikan untuk menggunakan bahan yang baik dan berkualitas serta memperhatikan kadar air dan kedapannya.

Itulah cara membuat pakan ternak alternatif dengan metode silase. 

Tutorial ini cukup mudah untuk diikuti dan dapat dilakukan oleh peternak pemula.